Jika mendengar istilah kebersamaan, sungguh terasa indah dan semua ornag pasti akan berfikir dan mengenang kembali masa-masa kebersamaan dengan orang-orang terdekatnya dimasa lalu. Kebersamaan mengandung arti yang luas dan bisa diartikan dalam beberapa konteks tergantung dengan kondisi yang terjadi, misalkan kebersamaan dalam rangka menyatukan ide untuk mengambil tour wisata ketika SMA, kebersamaan disini mengandung makna sungguh luar biasa bagi para pelakunya, anak-anak SMA bisa mencurahkan segala fikiran, ide dan keinginanya untuk merefresh fikiran mereka selama belajar, moment seperti ini tidak akan pernah bisa mereka lupakan sampai mereka lanjut usia. Kebersamaan seperti ini akan selalu mereka kenang dan tersimpan dimemori mereka masing-masing. Hal ini terjadi secara sendirinya dikarenakan ketika kejadian sedang terjadi mereka merasakan kebahagiaan dan mereka pun melakukan dengan rasa ikhlas tanpa ada hal-hal yang ngeganjel.
Selain itu kebersamaan juga sering dilakukan oleh para pegawai disebuah perusahaan dalam menjalankan Visi dan Misi perusahaan mereka. Hal ini terbukti ketika mereka mengadakan suatu kegiatan meeting yang dipandu oleh pimpinan mereka, semua anggota meeting akan mendenganrkan dengan hikmat rencana kerja atau action plan yang disampaikan pimpinan divisi masing-masing. Setelah meeting selesai mereka akan segera menjalankan rencana yang telah mereka setujui untuk dilaksanakan secara kompak dan bersama-sama tanpa ada rasa keberatan.
Hal ini terlihat begitu bermakna ketika mereka menemukan sebuah keberhasilan yang membuahkan kebanggaan tidak terhingta di benak masing-masing karyawan. Mereka tidak pernah membedakan ras, suku dan hal-hal yang nantinya bakal membuat mereka pecah belah, mereka selalu mencari persamaan dan meninggalkan segala perbedaan demi mencapai sebuah solusi dari segala permasalahan yang mereka hadapi.
Prinsip kebersamaan dan kekompaka juga sering dipraktekkan masyarakat dikalangan pedesaan. Hal ini bisa kita lihat dari kegiatan-kegiatan yang selalu meraka lakukan secara bergotong-royong. Mereka tidak mereasa keberata atas segala perkerjaan yang berat, mereka selalu mencari solusi secara bersama-sama dalam memecahkan masalah.

Dari sini kita memetik kesimpulan bahwa sungguh luar biasa makna dari sebuah kebersamaan dan kekompakan dalam menjalankan suatu tujuan bersama. Kita bisa melakukan apapun selama kita bisa kompak dan saling menghormati sesama. Prinsip dan karakter seperti ini harus dimiliki oleh setiap orang agar tercipta sebuah kerukukan dalam berinteraksi secara horizontal. Hal seperti ini sangat diperlukan dan harus dijunjung tinggi oleh tim atau kelompok-kelompok yang memiliki tujuan visi dan misi yang sama.
Segala macam perbedaan tidak boleh dipermasalahkan dan justru harus dihilangkan dengan menjunjung nilai persamaan antar individu.
Mari selalu kita tanamkan dibenak bahwa BERSAMA KITA BISA...!!
Hemch...kayak slogan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono aja...hehehe....

"Semoga Bermanfaat dan Salam Kebersamaan"

0 Comments

Related Post