Apa itu MySQL ?

Posting by Efriey | 4/07/2011

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas sekelumit tentang pengertian PHP, nah kali ini saya mencoba ingin menjelaskan sekelumit tentang pengertian MySQL sebuah aplikasi pembuat database yang selalu menjadi pendamping PHP dalam menyusun sebuah halaman website yang dinamis.

MySQL adalah software database yang sangat terkenal untuk keperluan database dan pembuatan web. MySQL berfungsi sebagai Structure Query Language dan mempunyai banyak kelebihan-kelebihan, diantaranya adalah dari sisi :

§ Protability

MySQL dapat digunakan dengan stabil tanpa kendala pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X Server, Solaris, Amiga HP-UX dan lain lain.

§ Multiuser

MySQL dapat digunakan untuk menangani beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini akan memungkinkan sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan dalam waktu yang bersamaan pula.

§ Performance Tuning

MySQL memiliki kecepatan yang cepat dalam menangani query, serta mampu memproses lebih banyak SQL persatuan waktu.

§ Column Types

MySQL didukung tipe kolom(tipe data) yang sangat kompleks.

§ Command dan Functions

MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.

§ Scalability dan Limits

Dalam hal batas kemampuan, MySQL terbukti mampu menangani database dalam skala yang besar dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada setiap tabelnya.

0 Comments

Related Post