Hacker Bukan Cracker

Posting by Efriey | 8/19/2010

Hacker Bukan Cracker, itulah sebuah slogan yang diusung muslimhackers.net untuk mengenalkan kepada kita bahwa sebenarnya hacker berbeda dengan cracker. Muslim Hackers berbeda dengan komunitas hackers pada umumnya karena di Muslim Hackers tidak hanya membahas tentang keilmuan IT saja tetapi juga membahas tentang ilmu-ilmu Keislaman.
Harapannya agar masyarakat IT dan masyarakat Islam di Indonesia tidak hanya mempelajari IT saja tetapi juga mantap ilmu agamanya ilmu yang dimiliki bisa dimanfaatkan dengan benar dan bermanfaat bagi orang lain.
Atau jika dibalik, tidak hanya mempelajari tentang ilmu agama saja tetapi juga mempelajari teknologi agar metode dakwah Islam lebih maju. Pengertian hacker yang diusung oleh Muslim Hackers tidak terbatas pada hacker yang berkutat di area security/keamanan komputer saja tetapi dalam artian luas yaitu semua fokus keilmuan komputer dan teknologi serupa. Tetapi seiring berjalannya waktu, istilah “hacker” sering disamakan cracker. Hal itu membuat pandangan masyarakat terhadap hacker menjadi negatif.
Sebenarnya apa sih beda antara hacker dan cracker...?
Berdasarkan apa yang pernah saya baca dan berhubung saya juga bergelut di dunia TI, jadi saya sedikit tau beda antara hacker dan cracker :
Hacker

  1. Lebih memfokuskan pada kegiatan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Selanjutnya akan melaporkan kejadian ini agar dapat diperbaiki untuk hasil yang lebih baik.
  2. Seorang hacker mau membagikan ilmunya untuk kepentingan yang baik
  3. Hacker mempunyai etika dalam melakukan kegiatan hacking
Cracker

  1. Melakukan kegiatan merusak dengan program yang dibuatnya sendiri. Misal pembobolan ATM.
  2. Mempunyai IP adress tidak bisa dilacak
  3. Kegiatanya merugikan orang lain
Dari perbedaan itu dapat diambil kesimpulan bahwa "Hacker Bukan Cracker"
Hacker adalah seseorang yang mencari kelemahan suatu sistem atau situs dan melaporkannya bahkan mampu memperbaikinya.
Cracker adalah seseorang yang mampu membuat program perusak dan digunakan untuk keuntungan sendiri dan kegiatanya merugikan orang lain.


sumber : http://belajar-tentangkomputer.blogspot.com/2010/06/hacker-bukan-cracker.html

0 Comments

Related Post